Entri Populer

Senin, 31 Januari 2011

latihan 3.1,3.2 dan 3.3


Latihan 3.1

1.     Bagaimana etika penggunaan perangkat TIK di tempat ibadah?
2.     Sebutkan contoh perbuatan yang melanggar etika penggunaaan perangkat TIK?
3.     Bagaimana sebaiknya menjawab panggilan ponsel pada saat rapat ?
Jawaban :
1.     Etika penggunaan perangkat TIK di tempat ibadah adalah :

·        Tidak menggunakan alat-alat TIK di tempat ibadah
·        Tidak menggangu orang-orang yang sedang ibadah
2.     Contoh perbuatan yang melanggar etika penggunaan perangkat TIK adalah :

·        Menggunakan alat – alat TIK ditempat ibadah,ruang kuliah,saat diskusi,serta waktu dan tempat lain yang dapat mengganggu konsentrasi  orang-orang disekitarnya.
·        Profil ponsel tidak diubah ke profil silent atau getar pada saat memasuki lingkungan dan waktu diatas.
·        Menggunakan alat – alat TIK untuk melakukan kejahatan , seperti menyebarkan ancaman , terror , ataupun informasi palsu , dam mencuri data perusahaan ataupun merusak jaringan komputer.
3.     Sebaiknya jika menjawab panggilan ponsel pada saat rapat  adalah dengan meminta izin terlebih dahulu kepada anggota rapat.





Latihan 3.2

1)    Apakah yang di maksud dengan etika dalam hidup bermasyarakat ?
2)    Bagaimanakah cara kita untuk menghargai hasil karya orang lain ?
3)    Sebutkan beberapa system operasi yang di buat oleh Microsoft corp?

Jawaban :

1)     Yang di maksud dengan etika dalam hidup bermasyarakat adalah suatu sikap atau tata nilai yang berkembang sesuai dengan zamannya sehingga penerapan moral sangat relative dan situasional.
2)    @Dengan tidak membajak atau menyalin dan menggandakan tanpa seizin pemilik hak paten.
@Tidak mengubah,mengurangi atau menambah hasil karya orang lain
@Tidak menggunakan perangkat lunak untuk suatu kejahatan
@Menggunakan perangkat lunak yang asli
3)    Microsoft windows XP dan vista, serta perangkat lunak aplikasi Microsoft office 2003 dan 2007






Latihan 3.3

1.     Bagaimana prinsip kesehatan dan keselamatan kerja menggunakan komputer ?
2.     Mengapa kita tidak boleh menggunakan laptop di atas bantal atau kasur ?
3.     Mengapa kita harus mematikan ponsel pada saat naik pesawat terbang ?


Jawaban :

1.      @memperhatikan bagian-bagian peralatan komputer yang berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kerja
@memerhatikan posisi duduk dan jarak pandang dengan monitor yang benar.
@mengatur pencahayaan
2.     Karena komponen dalam laptop akan cepat panas dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan pengguna
3.     Karena gelombang elektromagnetik yang di pancarkan dapat mengganggu alat navigasi di kabin pesawat, sehingga dapat menyebabkan pesawat terbang kehilangan kendali ataupun kehilangan arah.



Kamis, 27 Januari 2011

rangkuman bab 3


BAB 3: KETENTUAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
A.Menerapkan arturan etika dan moral dalam menggunakan perangkat keras TIK
          Dengan semakin majunya teknologi dan semakin bebasnya penggunaan perangkat tersebut, pengguna diharapkan dapat mematuhi etika yang ada, yaitu:
1.Tidak menggunakan alat TIK ditempat ibadah, ruang kuliah, ruang diskusi, serta waktu dan tempat lain yang dapat mengganggu konsentrasi orang lain.
2.Profil ponsel harap diubah ke profil silent atau getar pada saat memasukki lingkungan dan waktu tertentu
3.Tidak menggunakan alat TIK untuk melakukan kejahatan, seperti menyebarkan ancaman, teror, dll.

B.Menerapkan aturan etika dan moral dalam menggunakan perangkat lunak TIK
          Usaha untuk menghasilkan ide atau gagasan yang dapat dijadikan penghasil suatu produk ialah sebagai berikut:
1.Tidak membajak, menyalin, atau menggandakan tanpa seizin pemilik hak paten
2.Tidak mengubah, mengurangi, atau menambah hasil karya orang lain
3.Tidak menggunakan perangkat lunak untuk suatu kejahatan
4.Menggunakan perangkat lunak yang asli

C.Menerapkan prinsip kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak TIK
1.prinsip kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan komputer
a. bagian peralatan komputer yang berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kerja:
*pemasangan kabel penghubung listrik dengan CPU harus benar
*perhatikan masukkan tegangan listrik ke CPU
*gunakan ground listrik yang baik agar tidak menyisakan tegangan listrik pada casing atau monitor
*atur jarak mata pengguna dengan monitor secara aturan                 
*tidak menggunakan komputer dalam keadaan casing terbuka
b.posisi duduk dan jarak pandang dengan monitor yang benar
c.penggunaan laptop secara aturan dan benar
2.Prinsip kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan ponsel
a.gunakan handsfree untuk mengurangi efek pancaran gelombang elektromagnetik
b.tidak menggunakan ponsel pada saat berkendara
c.tidak menggunakan ponsel di pesawat terbang
d.tidak menggunakan ponsel di SPBU

D.Menghargai hak atas kekayan intelektual dalam TIK
1.Lisensi perangkat lunak
*perangkat lunak bebas
*perangkat lunak tak bebas
2.upaya melindungi hak cipta
          Dengan adanya pemberlakuan undang-undang tersebut, masyaratkat diharapkan agar menggunakan perangkat lunak asli. Keuntungan yang anda dapatkan jika memakai perangkat lunak asli ialah:
a.mendapatkan update perangkat lunak aplikasi
b.mendapatkan bantuan dari teknisi resmi
c.mendapatkan potongan harga ketika akan upgrade
d.mendapatkan buku petunjuk penggunaan perangkat lunak
e.perangkat lunak yang didapatkan terjamin bebas dari virus

rangkuman BAB 3

Kamis, 20 Januari 2011

Artikel Jaringan Komputer


Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
ABerdasarkan skala :
  • Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
  • Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
  • Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.
Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:
  • Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
  • Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.
Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:
Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:
  1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
    • Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server
    • Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.
  1. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:
    • Jaringan LAN
merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.
    • Jaringan MAN
Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.
    • Jaringan WAN
Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.
  1. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.
    • Jaringan Client-Server
Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.
    • Jaringan Peer-to-peer
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.
  1. Berdasarkan media transmisi data
    • Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
    • Jaringan Nirkabel(WI-FI)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.
http://htmlimg4.scribdassets.com/fyhst7dhga4hxs0/images/1-70c8445603/001.jpg
Andina Dwi Lestari ( XI IPA 7 )
JARINGAN
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung
dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga
memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada
printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan
jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebutno de. Sebuah
jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
Daftar Isi:
Sejarah Jaringan Komputer
Jenis Jaringan Komputer
Model Referensi OSI dan Standarisasi
Topologi Jaringan Komputer
Ethernet
SEJARAH JARINGAN KOMPUTER
Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan
komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H.
Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang
harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong
dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam
sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian.
Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka
sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal (lihat Gambar 1) Untuk itu ditemukan konsep
distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk
pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal
terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi
komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.
Gambar 1 Jaringan komputer model TSS
Memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer
besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed
Processing). Seperti pada Gambar 2, dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah
pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap
host komputer. Dala proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara
teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host
komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.
http://htmlimg3.scribdassets.com/fyhst7dhga4hxs0/images/5-d98a589b0f/000.png
Topologi bus terlihat pada skema di atas. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:
Keuntungan:
Kerugian:
- Hemat kabel
- Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
- Layout kabel sederhana
- Kepadatan lalu lintas
- Mudah dikembangkan
- Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.
- Diperlukan repeater untuk jarak jauh
1. Topologi TokenRING
Topologi TokenRING terlihat pada skema di atas. Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah
cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan
yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap
informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan. Terdapat
keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:
Keuntungan:
Kerugian:
- Hemat kabel
- Peka kesalahan
- Pengembangan jaringan lebih kaku
1. Topologi STAR
http://htmlimg1.scribdassets.com/fyhst7dhga4hxs0/images/6-2fabb5d4e1/001.jpghttp://htmlimg4.scribdassets.com/fyhst7dhga4hxs0/images/6-2fabb5d4e1/000.pnghttp://htmlimg4.scribdassets.com/fyhst7dhga4hxs0/images/6-2fabb5d4e1/000.pnghttp://htmlimg4.scribdassets.com/fyhst7dhga4hxs0/images/6-2fabb5d4e1/000.png
Merupakan kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua
simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya
dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka
setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu
perintah dari server. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:
Keuntungan:
- Paling fleksibel
- Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
- Kontrol terpusat
- Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
- Kemudahaan pengelolaan jaringan
Kerugian:
- Boros kabel
- Perlu penanganan khusus
- Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis
1. Topologi Peer-to-peer Network
Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa
komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang
diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer
bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino, dan mereka berdua dapat
mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan.
Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘kuno’,
misalnya AT, dan ingin memberli komputer baru, katakanlah Pentium II, tidak perlu membuang komputer
lamanya. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel
yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas, sistem jaringan
ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipelajari dan dipakai.
kembali ke atas
ETHERNET
Ethernet adalah sistem jaringan yang dibuat dan dipatenkan perusahaan Xerox. Ethernet adalah
implementasi metoda CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection) yang
dikembangkan tahun 1960 pada proyek wireless ALOHA di Hawaii University diatas kabel coaxial.
Standarisasi sistem ethernet dilakukan sejak tahun 1978 oleh IEEE. (lihat Tabel 2.) Kecepatan transmisi
data di ethernet sampai saat ini adalah 10 sampai 100 Mbps. Saat in yang umum ada dipasaran adalah
ethernet berkecepatan 10 Mbps yang biasa disebut seri 10Base. Ada bermacam-macam jenis 10Base
diantaranya adalah: 10Base5, 10Base2, 10BaseT, dan 10BaseF yang akan diterangkan lebih lanjut
kemudian.

Pada metoda CSMA/CD, sebuah host komputer yang akan mengirim data ke jaringan pertama-tama
memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari dan oleh host komputer lainnya. Jika
pada tahap pengecekan ditemukan transmisi data lain dan terjadi tabrakan (collision), maka host
komputer tersebut diharuskan mengulang permohonan (request) pengiriman pada selang waktu
berikutnya yang dilakukan secara acak (random). Dengan demikian maka jaringan efektif bisa digunakan
secara bergantian.
Untuk menentukan pada posisi mana sebuah host komputer berada, maka tiap-tiap perangkat ethernet diberikan alamat (address) sepanjang 48 bit yang unik (hanya satu di dunia). Informasi alamat disimpan dalam chip yang biasanya nampak pada saat komputer di start dalam urutan angka berbasis 16, seperti pada Gambar 3.
Gambar 3. Contoh ethernet address.
48 bit angka agar mudah dimengerti dikelompokkan masing-masing 8 bit untuk menyetakan bilangan
berbasis 16 seperti contoh di atas (00 40 05 61 20 e6), 3 angka didepan adalah kode perusahaan
pembuat chip tersebut. Chip diatas dibuat oleh ANI Communications Inc. Contoh vendor terkenal bisa
dilihat di Tabel 3, dan informasi lebih lengkap lainnya dapat diperoleh di
http://standards.ieee.org/regauth/oui/index.html
Tabel 3. Daftar vendor terkenal chip ethernet
NOMOR
KODE
NAMA VENDOR
00:00:0C Sisco System
00:00:1B Novell
00:00:AA Xerox
00:00:4C NEC
00:00:74 Ricoh
08:08:08 3COM
08:00:07 Apple Computer
08:00:09 Hewlett Packard
08:00:20 Sun Microsystems
08:00:2B DEC
08:00:5A IBM
Dengan berdasarkan address ehternet, maka setiap protokol komunikasi (TCP/IP, IPX, AppleTalk, dll.)
berusaha memanfaatkan untuk informasi masing-masing host komputer dijaringan.
A.10Base5
Sistem 10Base5 menggunakan kabel coaxial berdiameter 0,5 inch (10 mm) sebagai media
penghubung berbentuk bus seperti pad Gambar 4. Biasanya kabelnya berwarna kuning dan pada
kedua ujung kebelnya diberi konsentrator sehingga mempunyai resistansi sebesar 50 ohm. Jika
menggunakan 10Base5, satu segmen jaringan bisa sepanjang maksimal 500 m, bahkan jika
dipasang penghubung (repeater) sebuah jaringan bisa mencapai panjang maksimum 2,5 km.
Seperti pada Gambar 5, antara NIC (Network Interface Card) yang ada di komputer (DTE,Da ta
Terminal Equipment) dengan media transmisi bus (kabel coaxial)-nya diperlukan sebuah
transceiver (MAU, Medium Attachment Unit). Antar MAU dibuat jarak minimal 2,5 m, dan setiap segment hanya mampu menampung sebanyak 100 unit. Konektor yang dipakai adalah konektor 15 pin.

Senin, 17 Januari 2011

Latihan 2.1

1. Sebutkan peralatan telekomunikasi yang Anda ketahui!
Jawab :
  • Telepon
  • Radio
  • Televisi
  • Jaringan komputer
2. Jelaskan kelebihan telepon genggam dibandingkan dengan telepon konvensional!
Jawab :
Kelebihan telepon genggam adalah :
  • dapat dibawa kemana-mana
  • tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel;wireless)
3. Sebutkan tujuan dari jaringan komputer !
Jawab:
  • membagi sumber daya, contohnya berbagi pemakain printer, CPU, memori, hardisk.
  • komunikasi, contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting.
  • akses informasi, contohnya web browsing.
Latihan 2.2

1. Jelaskan fungsi kerja dari CPU!
Jawab:
  • untuk mengolah data menjadi suatu informasi yang berguna
2. Konversikan bilangan biner (basis 2) dibawah ini menjadi basis 10!
Jawab :
a.00101 = (0×24) + (0×23) + (1×22) + (0×21) + (1×20)
             =   0 + 0 + 4 + 0 + 1
             =  5

b. 10010 = (1×24) + (0×23) + (0×22) + (1×21) + (0×20)
                 = 16 + 0 + 0 + 2  +  0
                 = 18

c. 11100 = (1×24) + (1×23) + (1×22) + (0×21) + (0×20)
  = 16 + 8 + 4 + 0 + 0
  = 28

d. 10102 = (1×24) + (0×23) + (1×22) + (0×21) + (2×20)
                  = 16 + 0 + 4 + 0 + 2
                  = 22
3. Apakah perbedaan antara Byte dan bit? 
Jawab : 
  • Byte: setiap 8 bit dikelompokkan menjadi 1 byte, 1 byte akan menghasilkan 1 karakter huruf, angka, tanda baca, dsb.
  • Bit : 1 bit merupakan unit informasi terkecil yang dapat ditangani komputer.
 4. Apakah kepanjangan dari ASCII?
Jawab: American Standard Code for Information Interchange.

5. Jelaskan fungsi dari kode ASCII di komputer?
Jawab: ASCII digunakan sebagai kode di komputer untuk mewakili karakter seperti angka dan huruf

Latihan 2.3

1. Sebutkan 4 komponen utama penunjang komputer!
Jawab:
  • Perangkat Masukan 
  • Perangkat Pemrosesan 
  • Perangkat Penyimpanan
  • Perangkat Keluaran
2. Jelaskan secara singkat mengenai CPU!
Jawab: CPU merupakan pusat pengolahan dan pengontrolan segala pemrosesan data. peralatan terdiri dari Control Unit, Arithmatic Logic Unit, dan Memori

3. Apabila anda mempunyai CD-ROM  dengan kecepatan sebesar 40x, maka berapakah kecepatan transfer perdetiknya?
Jawab : 6000

4. Apakah fungsi dari flashdisk ?
Jawab: Flashdisk merupakan alat untuk menyimpan data eksternal yang menggunakan penghubung USB.

5. Apa yang dimaksud dengan resolusi gambar?
jawab: Kualitas gambar pada layar monitor.